Jumat, 07 Oktober 2011

Ricky belajar dari : BAJU DAN KOPI

TUAN:"..Coba lihat,..apa saya tampak tdk trlalu tampan mmakai baju ini? ..Bgmn dgn baju lawas saya yg ini..atau baju yg ukuranya spt ini? ..(tertawa datar sambil mnunjukkan bbrapa baju brcorak kontras brwarna pudar).

PELAYAN :(yg sudah jenuh 3 jam mnunggu tuannya hilir-mudik di depan cermin) .."Maaf Tuan jk saya trlihat trlalu bodoh dn keliru karena terlalu percaya pd kebaikan Tuan,..sungguh sedikitpun saya tdk keberatan dgn corak, warna atau 'ukuran lama atau baru' yg akan Tuan pilih utk Tuan kenakan,..tapi sungguh pula, jk Tuan tetap gamang spt ini, mk sedikitpun saya tdk akan peduli ttg hal itu Tuan, karena itu tdk menambah apapun di bathin saya kecuali kepastian 'asli tidaknya merk' pakaian Tuan saat ini..
TUAN :"mengapa begitu ?".


PELAYAN :" Sebab Tuan, itu pilihan Tuan,..Tuan sendiri juga nanti yg akan mmakainya,..baik ukuran, corak dn warna yang Tuan pilih..akan jadi gambaran hati dn diri Tuan sendiri,..jadi Tuan saja-lah yg tentukan mana yg paling cook utk Tuan pakai nanti, saya tidak berani mengukur baju di badan Tuan..kalau mengukur baju sendiri saya mau Tuan..saya sekarang suka -andai boleh- malah ingin tdk lg mmakai baju apalagi dgn ragam ukuran itu Tuan,..agar 'angin' bisa leluasa masuk menusuk sejukan pangkal hati dn ambisiku yg msh terasa dangkal dan tdk sekedar lewat menatap sesaat sebelum berlalu...tapi Tuan..

TUAN :" Aach...kamu ini ngawur saja,..sana ke dapur, bikin kopi tubruk,..saya sdh trlambat kerja skrg gara-gara semalam mimpi mnjadi pndekar sdewo uring...yg brmimpi pula bs mmpersunting putri bulan...
PELAYAN :"..baik Tuan..(pergi dan dan tidak lama kembali membawa segelas kopi hangat dan meletakanya di atas meja)

TUAN :"Sudah kamu aduk belum..?

PELAYAN :"Sudah Tuan, saya aduk brulang-ulang Tuan..karena -kata pemilik warung kopi di depan gang-..agar gula dan kopinya bisa berbaur tertempa oleh gesekan dlm deras gejolak pusaran arus,..jangan diminum sbelum diaduk atau sbelum adukannya merata dn brhenti.. shingga ampasnya trendap dibwah dn trpisah dari sari kopi-gula..yg -meskipun tdk cukup byk dn hy bbrapa teguk sj- tp mmg itu layak utk diminum Tuan..lalu...

TUAN : "Alaaa..sok tau kamu !...sudah..sudah..(menghirup kopi sbentar)...ehmm enak jg ya,..tapi bicara kamu itu berbelit-belit dan berbau sara..!!! (sambil beranjak pergi).

PELAYAN :....!?