Jumat, 28 Oktober 2011

Makna Cobaan Dan Ujian Dari Allah SWT

Jika Allah mencintai seorang hamba maka Dia akan memberikan cobaan pada hamba itu“. Itulah kalimat Nabi yang selalu saya ingat apabila ingat pada musibah yang terjadi pada saya. Sobat bisa baca berita sebelumnya tentang hilangnya sepeda motor saya Jupiter Z karena telah dibawa dengan tidak benar/tidak haq ( dicuri aleasnya ) oleh maling. Hilangnya sepeda motor ini membuat saya agak shock. Bagaimana tidak stress, motor itu hasil jerih payah saya mengumpulkan selama bertahun-tahun, mencicil setiap bulan, eh tiba-tiba diambil dengan tenang oleh sang maling. Maling ini kok tega benar ya mencuri sepeda saya. Ya kalau hilang satu langsung bisa beli lagi. La ini saya harus mengumpulkan lagi bertahun-tahun. Capek dech???!!!.
Jika Allah mencintai seorang hamba maka Dia akan memberikan cobaan pada hamba itu“. Mudah-mudahan saya akan termasuk di dalamnya ya. He he he. Doanya. Bukankah Allah tidak akan menimpakan cobaan pada seseorang hamba di luar batas kemampuannya? Ya ini yang bisa membesarkan hati saya. membuat saya lapang dada menerima cobaan dan ujian dari Allah. Lama memang kejadiannya. Tapi bekasnya seakan tidak mau menghilang dari hati saya. Inilah cobaan yang harus saya hadapi. Perjalanan hidup memang tidak bisa datar terus pasti akan menemui jurang yang terjal. Hidup tidak terus berada di atas, pasti suatu saat kita akan dibawah. Berputar seperti roda. Perjalanan di dalam kehidupan pasti akan selalu melalui rintangan dan hambatan. Itulah cobaan dan ujian.

Cobaan dan ujian adalah bagian dari hidup. Dan kita harus berbesar hati untuk menghadapinya. Justru kekuatan manusia dalam menghadapi hidup adalah apabila berhasil menghadapi tantangan sebesar apapun tantangan itu. Sebagai manusia yang sedikit tahu ilmu agama, alhamdulillah saya bisa sadar  dan paham. Bahwa hidup harus kita hadapi. Hidup harus berjalan ke depan. Maju wajib sedangkan mundur tidak mungkin. Yang di belakang adalah masa lalu. Yang akan datang harus kita hadapi. Mudah-mudahan apa yang akan kita hadapi, dengan cobaan ini, akan semakin mantap menemukan solusi terbaik menjawab berbagai cobaaan tantangan. Harus saya sadari bahwa ujian adalah pupuk organik yang memberikan makanan bergizi bagi perjalanan kita.
Ya Allah, hanya kepadaMu saya berserah diri. Ampunilah saya. Berikan hamba kesabaran, ketabahan dan ketegaran menghadapi ujian yang Engkau berikan. Tiada tempat saya mengadukan kata-kata sedih, kata-kata duka, kata-kata apapun kecuali hanya kuserahkan kepadaMu. Mohon ridhoMu ya Allah. Amien